Plus Minus Hamil di usia 40-an

Filed in Ibu , Kehamilan 0 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

Idealnya seorang wanita hamil di usia 20-an tapi karena beberapa alasan, seorang ibu hamil di usia 40-an. Tidak perlu panic ketika mengalami kehamilan di usia 40-an. Memang resikonya lebih besar bagi ibu dan janin yang dikandungnya tapi ada juga kok kelebihan hamil di usia ini.

 

Resiko bagi janin

Resiko terbesar bagi janin yang dikandung seorang ibu berusia 40-an adalah peningkatan resiko kerusakan kromoson, seperti down sindrom. Untuk menghindari masalah ini, ibu perlu melakukan beberapa tes extra untuk melihat apakah janin yang dikandung memiliki masalah dgn kromosomnya. Resiko lain adalah masalah pertumbuhan dan kelahiran premature.

 

Resiko bagi ibu

Resiko yang dihadapi oleh ibu yang hamil di usia 40-an adalah meningkatnya kemungkinan preeklamsia, tekanan darah tinggi dan diabetes. Risiko ini dapat ditekan bila kondisi ibu sehat. Memang dibutuhkan ketelatenan dari pihak ibu untuks erring konsultasi dengan dokter yang merawatnya tapi bila semua berjalan baik, tidak ada bedanya perawatan pada kehamilan di usia 40-an dengan usia dibawahnya.

 

Keunggulan kehamilan di suai 40-an

Selain resiko yang meningkat, ada juga keunggulan yang didapat oleh ibu dan janinnya. Di usia 40-an biasanya seorang ibu cenderung menjalani kehidupan yang lebih sehat. Pola makan juga cenderung lebih sehat. Secara financial juga lebih mapan dan yang terpenting adalah kematangan dalam psikologi.

Kematangan psikologi ibu membawa dampak besar terhadap anak. Ibu lebih siap menghadapi permasalah yang dihadapi oleh anak dan lebih siap untuk  membantu anak berkembang. Pengalaman ibu membuat hubungan antara anak dan ibu lebih dekat.

Anak yang lahir dari ibu yang hamil di usia 40-an cenderung lebih berprestasi di sekolah dan menerima perlakuan yang lebih baik dari orang tuanya dibanding anak yang lahir dari orang tua yang berusia muda.

Posted by admin   @   1 December 2012 0 comments
Tags : , ,
Previous Post
«
Next Post
»

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)