Perawatan Pasca Operasi Caesar

Post image of Perawatan Pasca Operasi Caesar
Filed in Ibu , Kelahiran 1 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

Sebagian besar proses persalinan dilakukan secara normal. Namun pada kondisi tertentu dokter akan menyarankan untuk melakukan persalinan lewat operasi ( Caesar ). Ada kelebihan dan kekurangan dari persalinan lewat operasi, tapi yang terpenting bila proses persalinan harus dilakukan lewat operasi adalah perawatan pada bunda pasca operasi.

Proses pemulihan pasca operasi Caesar memang lebih lambat dibandingkan dengan persalinan normal. Ada pantangan-pantangan yang harus dilakukan oleh bunda karena itu sebaiknya bunda memperhatikan hal-hal dibawah ini :

Bagi tugas
Selesai menjalani operasi Caesar tubuh bnnda akan lebih lemah dari biasanya karena itu bunda harus banyak istirahat supaya proses pemulihannya cepat selesai. Bunda bisa minta bantuan anggota keluarga yang lain atau baby sitter untuk mengurus keperluan bayi dan bunda sendiri. Dukungan pasangan sangat penting untuk member bunda semangat.

Jangan mengangkat beban berat
untuk sementara waktu bunda sebaiknya tidak melakukan gerakan membungkuk secara berleihan dan mengangkat beban yang berat. Hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada otot-otot perut Anda untuk menjalani pemulihan. Sebaiknya hal ini dilakukan minimal selama 6 minggu setelah melahirkan.  Supaya perut tidak terlalu tegang sebaikanya bunda berguling ke kanan terlebih dahulu sambil menarik lutu kea rah dada ketika akan bangun dari posisi baring. Bunda juga bis amenggunakan tangan untuk membantu tubuh berpindah dari posisi baring ke duduk.

Jangan lupa tertawa
Otot perut kita sebenarnya sangat aktif, hanya saja kita tidak menyadarinya sampai Anda menjalani operasi caesar. Untuk membantu mengurangi rasa nyeri atau ketidaknyamanan, gunakan bantal yang lembut pada perut selama beberapa hari pertama atau lebih jika Anda membutuhkannya, kemudian cobalah untuk batuk, tertawa, menyusui, dan buang air.

Air dan serat
untuk menghindari rasa nyeri saat buang gas hindari mengkonsumsi makanan yang dapat menyebabkan penumpukan gas diperut maupun minuman yang mengandung soda. Minum air outih yang banyak dan kondumsilah makanan yang mengandung serat tinggi untuk menghindari sembelit.

Latihan ringan
sekalipun bayi tidak dikeluarkan lewat vagina tapi selama persalinan vagina mengalami tekanan karena berat bayi. Karena itu tidak ada salahnya anda berlatih kegel untuk mempercepat pemulihan otot-otot vagina. Tidak perlu berlebihan, latihan ringan setiap hari sudah cukup.

“Latihan dasar panggul adalah yang paling relevan untuk saat ini (usai persalinan) karena menguatkan dasar panggul. Dasar panggul ini menyokong organ-organ perut termasuk kandung kemih,” kata Allyson Williams, pakar kebidanan. Latihan dasar panggul ini sama halnya dengan latihan Kegel, yaitu Anda hanya perlu mengencangkan otot-otot vagina, seperti hendak menahan pipis.

Relaks
Kehadiran bayi dalam keluarga cukup menyita waktu dan tenaga bunda karena itu berusahalah untuk relaks ditengah-tengah kesibukan. Mandi dengan shower air hangat bisa membantu memulihkan otot-otot yang tegang dan mengusir rasa capek. Kalau kondisi memungkinkan lakukan pijat refleksi.

Merawat bekas operasi
Operasi caesar akan menyisakan bekas luka. Untuk membuatnya bekas luka itu melunak dan tidak terlalu gatal, gunakan krim atau minyak. Pijat area tersebut dengan lembut sampai membaik kondisinya. Penggunaan secara rutin akan membuatnya bekas jahitan sembuh dan memudar perlahan-lahan.

Redakan emosi
Menjalani proses pemulihan setelah operasi, kelelahan, kurang tidur dapat membguat emosi anda cepat naik karena itu lakukan beberapa hal yang anda sukai untuk meredakan emosi seperti ngobrol dengan keluarga, pasangan, membaca buku, dll..

Aktif bergerak
Jalan pagi bersama si kecil di sekitar kompleks perumahan dapat membuat sirkulasi darah bunda berjalan lancar dan otot-otot menguat. Bunda pun mendapat udara segar dan menjauh dari rutinitas selama sesaat. Mintalah pasangan atau anggota keluarga yang lain untuk menemani.

Ambil posisi tegak
Secara tidak sadar bunda cenderung duduk atau berdiri agak membungkuk karena takut jahitan bekas operasi lepas. Latihlah untuk bersikap tegak pada saat berdiri atau duduk untuk melatih otot dan melindungi punggung.

Posted by admin   @   22 September 2011 1 comments
Tags : , , , , , , ,
Previous Post
«
Next Post
»

1 Comments

Comments
Apr 18, 2013
21:12
#1 gita :

thx ya atas informasinya, sangat berguna nih.

Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)