Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Post image of Melahirkan Tanpa Rasa Sakit
Filed in Ibu , Kelahiran 0 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

Melahirkan adalah suatu proses alami untuk mengeluarkan janin dari kandungan. Proses ini menimbulkan rasa sakit. Tapi rasa sakit yang ditimbulkan oleh setiap wanita berbeda-beda tergantung kondisi fisik dan psikologis ibu yang akan melahirkan.

Rasa panik dan stress karena menghadapi proses melahirkan dapat membuat  ibu merasakan sakit lebih dari yang seharusnya dia rasakan. Hal ini disebut feat tension pain concept yaitu rasa takut yang menyebabkan ketegang pada otot yang akhirnya menimbulkan rasa sakit.

Sebagian ibu karena takut menghadapi rasa sakit sewaktu melahirkan akhirnya memilih alternatif lain yaitu dengan bius epidural atau lewat bedah Caesar. Dengan bius epidural ibu tetap  melahirkan normal tapi tanpa rasa sakit. Dengan pembedahan Caesar ibu melahirkan dengan cara menjalani operasi yang membuka  perut ibu untuk mengeluarkan janin. Setiap proses yang dipilih memiliki resiko masing-masing dan pertanyaan pentingnya adalah, apakah ibu harus melewati proses tersebut hanya karena takut merasakan sakit yang normal ?

Hypnobirthing atau hypnibirth atau hypnobabies adalah terapi yang sudah digunakan di Amerika sekitar tahun 1950-an. Terapi ini banyak membantu mengurangi rasa sakit yang tidak perlu dalam proses persalinan yang disebabkan ketakutan dan kepanikan selama proses melahirkan. Dengan terapi ini ibu dapat melahirkan secara normal tanpa rasa sakit dan tanpa menggunakan obat bius.

Hypno diambil dari kata hipnotis, metode hipnotis yang digunakan dalam terapi ini adalah penanaman sugesti saat otak telah berada dalam kondisi rileks. Dalam kondisi rileks, gelombang otak akan menjadi lebih tenang sehingga dapat menerima perintah yang menimbulkan reaksi positif pada tubuh. Dalam kondisi ini tubuh dapat diperintahkan untuk melewati proses persalinan dengan lancar, tenang dan tanpa rasa sakit.

Relaksasi hypnobirthing adalah cara alami yang dipergunakan untuk mengurangi atau menghilangkan rasa sakit, panik, tegang dan tekanan-tekanan lain yang menghantui ibu dalam proses persalinan.

Selama kehamilan ibu dapat memasukan pikiran-pikiran positif dalam dirinya sendiri berkenaan dengan proses melahirkan dan kehadiran bayinya kelak.

Posted by admin   @   20 October 2011 0 comments
Tags : , , , , , ,
Previous Post
«
Next Post
»

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)