Hal yang perlu Diwaspadai Paska Operasi Caesar

Filed in Ibu , Kehamilan 0 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

Ada beberapa hal yang harus diwaspadai pasca persalinan lewat operasi Caesar

Demam tinggi

Penyebab meningkatnya suhu tubuh ini disebabkan oleh dehidrasi, pembengkakan payudara ( mastitis ) atau infeksi.

Kembung

Ada beberapa penyebab terjadinya kembung pada bunda yang baru menjalani bedah sesar, yaitu akibat pembiusan, manipulasi usus saat operasi, ada infeksi dalam darah yang menyebar ke seluruh tubuh dan gangguan elektrolit karena kekurangan kalium.

Sakit kepala hebat

Biasanya hal ini terjadi pada pasien yang memiliki riwayat hipertensi, pre eklamsia berat dan efek pembiusan spinal.

Gatal-gatal

Rasa gatal ini bisa tumbuh hanya didaerah tertentu atau diseluruh tubuh. Bisa disebabkan oleh alergi obat, antibiotic, dan cairan infuse.

Rembesan diperban luka

Perban penutup luka tidak boleh ada rembesan atau perubahan warna dalam minggu pertama, bila terjadi rembesan segera konsultasi ke dokter untuk penggantian perban dan pemeriksaan terhadap luka.

Sulit BAK

Beberapa jam setelah kateter dicabut seharusnya bunda dapat BAK secara normal, namun bila mengalami sebaliknya maka kemungkinannya adalah terjadi iritasi pada lubang kencing atau terjadi penekanan kepala bayi yang terlalu lama pada dasar panggul yang menyebabkan pembengkakan didaerah sekitar saluran kencing. Solusinya, menggunakan kateter lebih lama.

Anuri

Adalah kondisi tidak keluarnya urine sekalipun sudah menggunakan kateter hal ini bisa disebabkan kurangnya supplay darah ke ginjal, ganguan pada ginjal atau terjadi sumbatan pada saluran kemih.

Pendarahan

Darah yang keluar pada bunda yang baru melahirkan berbentu gumpalan dan berwarna merah tua sampai kehitaman. Bila darah yang keluar dari vagina berwarna merah segar kemungkinan terjadi gangguan pad akontraksi rahim.

Posted by admin   @   11 November 2012 0 comments
Tags : , ,
Previous Post
«
Next Post
»

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)