Dampak Buruk Minuman Bersoda bagi Ibu Hamil

Filed in Ibu , Kehamilan 0 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

 

Minuman yang mengandung banyak gula seperti minuman bersoda dapat menyebabkan kelahiran  prematur pada janin.

Sebuah penelitian di Kopenhagen, Denmark yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan meningkatnya resiko kelahiran prematur pada bayi yang ibunya sering mengkonsumsi minuman atau makanan yang banyak mengandung pemanis buatan.

Minuman bersoda adalah jenis minuman yang banyak mengandung pemanis buatan. Dalam 1 kaleng soft drink terdapat 12 sendok teh gula.

Dalam penelitian tersebut didapatkan jika ibu hamil mengonsumsi satu porsi minuman ringan yang mengandung pemanis buatan dalam sehari, maka kemungkinan untuk melahirkan sebelum usia kehamilan 37 minggu sebesar 38 persen. Tapi jika ibu hamil mengonsumsi sebanyak empat porsi sehari, maka kemungkinannya akan meningkat menjadi 78 persen.

Pemanis buatan yang terdapat di dalam minuman tersebut akan dipecah di dalam tubuh menjadi suatu bahan kimia yang dapat mengubah rahim atau mempengaruhi kehamilan sehingga kelahiran lebih awal diperlukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginakn.

Banyak ibu hamil  menggantikan gula asli dengan pemanis buatan karena  dianggapan pilihan lebih sehat. Namun, studi menyatakan bahwa minuman berpemanis buatan, seperti aspartam, membawa bahaya bagi bayi dalam kandungan.

Kritikus pemanis buatan juga menyatakan methanol sudah lama dikenal sebagai racun syaraf yang dapat membentuk asam format di dalam tubuh. Ia juga dapat memicu terbentuknya formaldehida, alias formalin, bahan kimia untuk pengawet mayat.

Dalam sejarah juga dicatat, sakarin dalam pemanis tak kalah berbahaya. Bahan ini diidentifikasi dapat terkumpul di plasenta.

Ibu yang sedang hamil sebaiknya menghindari minuman maupun makanan yang mengandung pemanis buatan dan memfokuskan diri pada minuman yang kaya akan nutrisi seperti susu atau jus buah serta tidak lupa mengonsumsi air putih yang cukup.

 

Selain mengandung banyak pemanis buatan yang dapat menyebabkan bayi lahir prematur, minuman bersoda biasanya juga mengandung banyak asam, kafein, bahan pengawet dan fosfat/karbonat/soda.

Dampak lain yang ditimbulkan dari konsumsi minuman bersoda dan pemanis bautan adalah terjadinya

  • Obesitas

Obesitas adalah kondisi dimana seseorang memiliki kelebihan berat badan diatas 75% dari berat idealnya. Kelebihan berat badan ini dapat memicu timbulnya diabetes baik pada ibu maupun janin yang dilahirkan. Janin yang dilahirkan dengan bobot diatas 4 kg kemungkinan besar akan mengidap diabetes.

  • Osteoporosis

Kandungan asam fosfat yang tinggi pada minuman bersoda menyebabkan meningkatnya asupan fosfor dalam tubuh. Peningkatan fosfor dapat menyebabkan terganggunya penyerapan kalsium dalam tubuh dan penurunan masa tulang sehingga menimbulkan resiko yang lebih besar terhadap tulang keropos.

  • Hipertensi

Kandungan kafein dalam minuman bersoda dapat memicu terjadinya hipertensi yang dapat menyebabkan terjadinya kelahiran prematur untuk menyelamatkan nyawa ibu dan janin.

  • Melemahnya system kekebalan tubuh

Tingginya kandungan pemanis dalam softdrink  dapat menurunkan kemampuan tubuh melawan bakteri. Sel-sel darah putih berkurang kemampuannya  selama beberapa jam atau beberapa hari .

Mari budayakan hidup sehat mulai sekarang.

 

Posted by admin   @   24 December 2011 0 comments
Tags : , , , , , , , ,
Previous Post
«
Next Post
»

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)