Cara Berhenti Menyusui Tanpa Rasa Sakit

Post image of Cara Berhenti Menyusui Tanpa Rasa Sakit
Filed in Ibu 0 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

Menyusui memang merupakan suatu hal yang penting untuk dilakukan oleh seorang ibu terhadap anaknya agar mereka dapat tumbuh dengan sehat dan cerdas.

Namun ada beberapa faktor yang dapat membuat ibu harus berhenti menyusui sedangkan tubuh tetap memproduksi ASI,  seperti anak sudah meninggal sejak lahir,  anak sudah bertambah umur dan tidak perlu menyusu lagi,  adanya gejala penyakit tertentu sehingga dokter tidak menganjurkan ibu untuk menyusui anaknya.

Produksi ASi yang tidak dibarengi dengan proses keluarnya ASI dari tubuh dapat menyebabkan  sakit di daerah payudara dan demam yang tinggi.

Tips agar ASI berhenti diproduksi :

  1. Lakukan pemeriksaan dan konsultasi pada dokter agar dokter dapat memberikan obat untuk memberhentikan produksi asi secara aman.
    Minumlah obat sesuai dengan resep dan anjuran dokter. Berkonsultasilah kembali apabila asi tetap keluar atau berproduksi, sedangkan obat resep dokter sudah habis diminum sehingga dokter dapat memberikan resep obat berikutnya.
  2. Keluarkan semua sisa asi agar tidak terserang demam dan kanker payudara di kemudian hari. Gunakan air hangat untuk membersihkan payudara dan mandi agar dapat membantu keluarnya sisa asi.
  3. Mandilah sehari tiga kali dengan air hangat sambil memompa asi keluar dari payudara hingga bersih setiap hari. Berilah pengertian kepada anak (bila anak sudah cukup umur untuk mengerti) apabila mereka harus memulai belajar mengkonsumsi susu sapi dan bubur atau nasi halus.
  4. Hindari makanan-makanan yang dapat mempelancar asi untuk sementara waktu, seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan.
  5. Selain itu pula, hindari jamu maupun ramuan tradisonal ataupun suplemen lain di luar resep dokter. Lakukan olah raga secara teratur sehingga proses menstruasi berjalan lancar.
  6. Dengan lancarnya proses menstruasi, dapat menyebabkan produksi asi berhenti secara otomatis sehingga proses berhenti menyusui menjadi lebih mudah. ( EHP )

 

 

 

Posted by admin   @   17 October 2011 0 comments
Tags : , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
Previous Post
«
Next Post
»

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)