Makanan Bayi 7 Bulan

Filed in Anak 0 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

Pada usia 7 – 10 bulan bayi mulai belajar makan makanan yang lebih keras atau biasa disebut bubur saring. Peralihan dari bubur susu ke bubur saring harus dilakukan secara bertahap.

Nasi tim saring yang disajikan untuk bayi harus mengandung karbohidrat dan protein. Sebagai awal bayi cukup diberi 1 porsi nasi tim saring dalam sehari. Sayuran yang dapat disajikan pada usia ini adalah tomat, wortel, bayam dan sayuran rendah serat lainnya.

Pada usia ini bayi juga sudah dapat dikenalkan dengan buah saring. Buah yang dapat diberikan pada bayi usia ini adalah buah yang memiliki serat rendah seperti jeruk manis, pisang, papaya, blewah, peach dan alpukat.  Sedangkan untuk sayurannya bisa digunakan asparagus, wortel, bayam, sawi, bit, lonak. Untuk protein hewaninya dapat diberikan ayam, sapi, hati ayam atau hati sapi, tahu dan tempe.

Ibu harus sabar mengajari bayi makan karena ini keterampilan baru bagi dia. Jangan paksa bayi jika dia sudah tidak mau makan karena dapat menimbulkan trauma yang akan membuat anak susah makan diusia selanjutnya. Jadikan pengalaman belajar makan sebagais esuatu yang menyenangkan bagi bayi.

Dari usia dini anak sudah diajarkan untuk mengenal berbagai tekstur makanan dan citarasa supaya pada pertumbuhannya anak tidak pilih-pilih makanan.

Pada usia 7 bulan biasanya koordinasi tangan dan mata bayi sudahbaik sehingga ibu dapat mengajarkanbayi untuk makan biscuit sendiri. Tektur biscuit yang lembut membuat bayi mudah mengemutnya dan membantu merangsang pertumbuhan giginya.

Posted by admin   @   13 July 2013 0 comments
Tags : ,
Previous Post
«
Next Post
»

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)