Cara meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Filed in Kesehatan anak 1 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

Hormon pertumbuhan atau disebut juga Human Growth Hormon ( HGH ) adalah hormon yang bertugas mengendalikan pertumbuhan tulang, otot dan organ serta mempengaruhi kecepatan pertumbuhan tubuh. Hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pituitary yang ada di otak. Ukurannya hanya sebesar kacang kedelai namun demikian dia adalah hormon yang sangat mempengaruhi pertumbuhan hormon-hormon lainnya.

Hormon Pertumbuhan Manusia adalah hormon yang terdiri dari 191 asam amino yang diproduksi dalam tubuh dan dikeluarkan dari lobus anterior kelenjar hipofisis. Hormon ini sangat penting selama periode masa pertumbuhan. Seseorang yang kelebihan hormon ini akan mengalami pertumbuhan luar biasa yang disebut gigantisme. Sedangkan Orang yang kekurangan hormon ini akan mengalami kekerdilan.

Hormon pertumbuhan bekerja maksimal saat manusia tidur nyenyak. Seiring bertambahnya usia maka jumlah hormon yang dihasilkan makin berkurang. Itu sebabnya ada banyak penyakit yang ditemukan pada lansia tapi tidak ditemukan pada orang yang berusia muda. Karena pada usia muda hormon ini berproduksi dalam jumlah banyak sehingga orang muda lebih tahan terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

Saat berusia 60 tahun volume produksi hormon pertumbuhan hanya sebesar 25% jika dibandingkan dengan produksi hormon pada usia 21 tahun. Pola hidup yang tidak sehat mempercepat penurunan produksi hormon pertumbuhan.

Berkurangnya produksi Hormon Pertumbuhan akan menyebabkan sistem metabolisme tubuh menurun serta terjadi gejala penuaan seperti daya ingat menurun, warna rambut berubah, kerutan-kerutan, stamina tidak prima, mudah lelah, sangat rentan terhadap penyakit dan daya seksual menurun.

Cara meningkatkan hormon pertumbuhan:
• Suplemen asam amino
Konsumsi suplemen asam amino dapat meningkatkan produksi hormon pertumbuhan. Cara ini biasanya digunakan oleh atlet binaraga atau orang lanjut usia yang membutuhkan pemulihan dari sakit kanker, stroke, dll. Penggunaannya harus dibawah pengawasan dokter.
• Suntikan HGH
Suntik HGH bertujuan untuk memproduksi kembali 191 asam amino yang memproduksi hormon pertumbuhan. Cara ini biasanya digunakan dokter untuk membantu anak-anak yang tidak tumbuh secara optimal.
• Cara alami
Untuk meningkatkan hormon pertumbuhan secara alami adalah melalui hidup sehat : tidur yang cukup, olahraga secara teratur, hati yang gembira dan pola makan yang seimbang.

Posted by admin   @   9 November 2012 1 comments
Tags : ,
Previous Post
«
Next Post
»

1 Comments

Comments
Feb 20, 2013
21:12
#1 soby :

artikel yang pas…..

Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)