Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

Filed in Anak , Pendidikan anak 0 comments
Artikel ini
dipersembahkan
Oleh

Kecerdasaan seorang anak dipengaruhi oleh beberapa hal, yaitu factor genetic, kesehatan ibu  selama kehamilan, stimulasi yang diterima oleh janin dalam kandungan, konsumsi makanan yang dapat meningkatkan kecerdasan anak dan aktifitas yang dapat meningkatkan kecerdasan anak.
Belajar Musik
Musik dapat merangsang aktifitas pada otak kanan. Mendengarkan music juga dapat membuat jiwa tenang sehingga mudah untuk konsentrasi.
Beri minum Air Susu Ibu
ASI adalah nutrisi terbaik bagi bayi karena dalam ASI terkandung seluruh nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk berkembang. Bayi yang mendapatkan ASI dari ibunya memiliki kekebalan tubuh lebih kuat dibandingkan bayi yang tidak minum ASI. Karena memiliki kekebalan tubuh yang kuat maka bayi lebih jarang sakit sehingga pertumbuhannya optimal.

 

Nutrisi yang tepat

Makan bukan sekedar aktifitas  menghilangkan rasa lapar. Anak-anak sedang dalam masa tumbuh kembang, anak memerlukan gizi yang lengkap dalam jumlah yang cukup untuk dapat tumbuh kembang secara maksimal. Hindari member junk food pada anak karena dalam junk food banyak kandungan gula dan lemak yang tidak baik untuk kesehatan anak. Berikan makanan yang bernilai gizi tinggi seperti sayuran, buah-buaha, ikan, daging, telor dan susu.
Tingkatkan kesehatan
Anak yang sehat dapat mengikuti aktivitas belajar disekolah dengan baik akan tumbuh menjadi anak yang lebih cerdas. Dalam lingkungan social anak yang sehat juga lebih diterima oleh lingkungan sehingga dia leih percaya diri, lebih memiliki banyak kesempatan untuk maju dan berkembang.

 

Aktivitas kelompok

Anak yang senang melakukan aktifitas dalam bentuk tim seperti olah raga, berorganisasi memiliki tingkat kecerdasan emosi lebih baik dan dimasa yang akan datang juga memiliki peluang untuk sukses lebih besar. Anak yang terbiasa dengan aktivitas kelompok lebih bisa bersosialisasi, menyampaikan pendapat, memimpin dan lebih menghargai orang lain.

Permainan game

Semua anak suka bermain game tapi orang tua perlu bijak dalam memilihkan game untuk anak. Game perang cenderung membuat anak lebih agresif dan brutal sebaiknya dihindari. Berikan game yang memiliki unsure pendidikan pada anak. Karena bermaik adalah salah satu cara anak untuk belajar.

Memupuk rasa ingin tahu
jangan pernah marahi anak ketika dia banyak ebrtanya tentang hal-hal yang tidak dia mengerti. Orang tua tua yang baik justru mendorong rasa ingin tahu pada anak. Karena rasa ingin tahu dapat mendorong anak untuk belajar lebih banyak tentang hal-hal baru.

 

Kenali dan kembangkan bakat anak

Tidak ada anak yang lahir tanpa bakat tertentu yang ada adalah orang tua yang tidak memiliki waktu untuk mengenali bakat yang ada pada anak-anaknya. Kenali bakat anak sedini mungkin dan bantu untuk berkembang.
Membaca
Membaca merupakan cara meningkatkan intelligence quotient seseorang yang paling efektif. Kebiasaan membacakan dongeng pada anak dapat memupuk minatnya untuk membaca. Orang tua yang gemar membaca lebih mudah menularkan minat baca pada anak karena anak akan melihat dan meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya.
Makan pagi
Sarapan adalah aktifitas makan yang paling penting dibandingkan makan siang dan malam. Makan pagi memberikan otak nutrisi yang dibutuhkan untuk bekerja sepanjang hari, tubuh juga lebih bertenaga dan siap untuk beraktifitas. Sarapan dapat membuat anak lebih berkonsentrasi, mampu belajar dengan cepat dan memiliki daya ingat yang lebih baik.
Bermain permainan pengasah otak

Beberapa contoh permainan yang dapat mengasah otak anak seperti Sudoku, kubus, teka teki silang untuk anak, halma, catur, dll

 

Keluarga harmonis

Anak yang tumbuh dalams ebuah keluarga yang harmonis dan memiliki hubungan hangat dengan orang tuanya memiliki kecerdasan yang lebih baik dibandingkan anak yang jarang berkomunikasi dengan orang tuanya. Perasaan aman, dicintai dan bahagia membuat anak secara mental berkembang lebih baik.

Pendidikan agama

Keluarga dengan pendidikan agama yang baik, tidak sekedar teori tapi benar-benar diterapkan dalam pola hidup sehari-hari membuat anak lebih bijaksana, bertanggung jawab dan lebih tahan ketika menghadapi tekanan.

 

Posted by admin   @   3 December 2012 0 comments
Tags : , ,
Previous Post
«
Next Post
»

0 Comments

No comments yet. Be the first to leave a comment !
Leave a Comment

Leave a Comment with your Facebook
© 2011-2013 AnakIbu.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.
Design by Hary Purnomo (www.haryp.com)